Bhabinkamtibmas Melaksanakan Giat Pelatihan Dan Pembekalan Linmas Di Desa Karawatung

Bhabinkamtibmas Melaksanakan Giat Pelatihan Dan Pembekalan Linmas Di Desa Karawatung
Bhabinkamtibmas Melaksanakan Giat Pelatihan Dan Pembekalan Linmas Di Desa Karawatung

tribratanewsflorestimur.com_ Bhabinkamtibmas AIPDA Ponsius B. Sili memberikan pelatihan materi pembekalan terkait Tugas dan Fungsi linmas desa terhadap anggota Linmas menjelang pemilu tahun 2024 serta menjaga keamanan dan ketentraman didesanya. Kamis (10/08/2023).

Pembinaan dilakukan di halaman Balaidesa Desa Karawatung, Kec. Solor barat, Kab.Flores Timur, “Sebagai wujud sinegritas memberikan pembekalan dan pelatihan Linmas dalam pembinaan terhadap masyarakat,” kata bhabin.

Pembekalan yang disampaikan yaitu tentang tugas pokok Linmas. Selain itu, diberikan pengetahuan dan pelatihan dasar baris-berbaris, gerakan pengaturan lalu lintas dan bela diri dasar. Dilakukan juga pengecekan sikap tampang dan penggunaan seragam Linmas.

AIPDA Ponsius menjelaskan garis besar tugas Linmas adalah membantu dalam penanggulangan bencana, membantu keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat, membantu dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, membantu penanganan ketenteraman, ketertiban dan keamanan desanya.

“Dan membantu upaya pertahanan negara serta fungsi Linmas atau lebih dikenal dengan Pertahanan Sipil atau Hansip,” lanjutnya.

Selain itu, Bhabinkamtibmas  juga mensosialisasikan Tentang Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) kepada anggota linmas desa Karawatung, apabila ada keluarga kita yang hendak bekerja di dalam atau di luar Negeri hendaknya mengikuti Prosedural atau jalur  Resmi guna pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), bhabinkamtibmas juga menghimbau agar Anggota Linmas berperan aktif bekerja sama memberikan informasi terkait TPPO. 

Apabila Masyarakat menemukan adanya indikasi terjadinya  Tindak Pidana Perdagangan Orang maka segera menghubungi Bhabinkamtibmas. Tandasnya.