Pengamanan dan Himbauan Polres Flotim Terkait Konflik di Adonara Barat

Pengamanan dan Himbauan Polres Flotim Terkait Konflik di Adonara Barat
Pengamanan dan Himbauan Polres Flotim Terkait Konflik di Adonara Barat

tribratnewsflorestimur.com, Flotim – Dalam rangka mengatasi konflik yang terjadi antara masyarakat tiga desa di Kecamatan Adonara Barat, yaitu Desa Bugalima, Desa Ilepati, dan Desa Kimakamak, Polres Flotim bersama Koramil 1624-02/Adonara melaksanakan pengamanan dan himbauan kepada masyarakat setempat. Senin 21 Oktober 2024

 

Kabag Ops Polres Flotim AKP Ridwan S.H didampingi Danramil 1624/02 Adonara Mayor Inf. Samiun, Bersama Kapolsek Adonara Barat IPDA Januardana Rambi, Kapolsek Adonara IPDA Stefen A. Lidimaran dan Kapolsek Adonara Timur IPDA Yefri S. Apmalo mengadakan pertemuan dengan masyarakat di Desa Kimakamak. Dalam kesempatan tersebut, Kabag Ops Polres Flotim memberikan himbauan kepada warga Desa Ilepati dan Kimakamak untuk kembali ke desa masing-masing demi menghindari perpanjangan konflik dan agar masalah ini dapat diselesaikan melalui jalur hukum yang berlaku.

 

Selanjutnya, sekitar pukul 08.05 Wita, dilakukan patroli di seputaran Desa Kimakamak. Kabag Ops mengingatkan pentingnya ketertiban dan keamanan, agar kejadian serupa tidak terulang.

 

Himbauan juga dilakukan di rumah adat Desa Bugalima, melibatkan tokoh masyarakat setempat. Kepala Desa Kimakamak, Dominikus Ola Sawah, bersama tokoh masyarakat Siprianus Miskin, diharapkan dapat mengajak masyarakat untuk kembali ke desa mereka, sehingga aktivitas masyarakat yang lain tidak terganggu.

 

Pukul 10.00 Wita, juga telah diadakan pertemuan terbatas antara pemerintah Kabupaten Flotim, Polres Flores Timur, Koramil 1624/02 Adonara, dan perwakilan masyarakat Desa Bugalima. Pertemuan ini membahas kejadian penyerangan dan pembakaran rumah warga Desa Bugalima oleh masyarakat Desa Ilepati. Beberapa pejabat hadir dalam pertemuan tersebut, termasuk Sekda Flotim Drs. Petrus Pedo Maran, serta berbagai perwakilan dinas terkait.

 

Saat ini, situasi di lokasi masih dalam keadaan aman dan terkendali. Masyarakat dari kedua belah pihak diharapkan dapat menjaga keamanan dan ketertiban demi terciptanya kondisi yang kondusif di wilayah tersebut. Polres Flotim dan Koramil 1624/02 Adonara akan terus memantau perkembangan situasi dan siap memberikan bantuan jika diperlukan.