Sematkan Pita Operasi, Wakil Bupati Flotim Pimpin Apel Gelar Pasukan

Sematkan Pita Operasi, Wakil Bupati Flotim Pimpin Apel Gelar Pasukan

Tribratanewsflorestimur.com – Dalam rangka  Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1443H Wakil Bupati Flores Timur Agustinus Payong Boli, S.H., M.H. pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Turangga 2022 yang bertempat di lapangan Apel Polres Flotim, jumat ( 22/04/2022 ).

Dalam sambutan Kapolri Jend. Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si yang dibacakan Wakil Bupati Flores Timur Agustinus Payong Boli, S.H., M.H. Dengan tema "Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2022, wujud sinergi Polri dengan Instansi terkait untuk menjamin masyarakat aman dan sehat dalam prayaan Idul Fitri 1443 H/2022"

Polri dengan dukungan dari TNI, Pemerintah Daerah, dan pemangku kepentingan lainnya menyelenggarakan Operasi “Ketupat-2022” yang dilaksanakan selama 12 hari mulai tanggal 28 April 2022 s.d. 9 Mei 2022.

Pemerintah telah menetapkan libur nasional hari raya Idul Fitri 1443/tahun 2022. Berbeda dengan Idul fitri tahun lalu, pada tahun ini pemerintah memberikan kelonggaran-kelonggaran kepada masyarakat untuk dapat merayakannya dengan berkumpul bersama keluarga, kegiatan mudik tidak dilarang

Walaupun situasi pandemi Covid-19 di Indonesia saat ini sudah terkendali, namun perlu tetap saya tegaskan bahwa pandemi belum sepenuhnya selesai, kita semua harus selalu waspada dengan tingkat mobilitas masyarakat yang sangat tinggi dan sangat rawan terhadap terjadinya transmisi Covid-19 sehingga diperlukan langkah-langkah sinergis dengan seluruh stakeholder terkait agar masyarakat aman dan sehat dalam merayakan rangkaian Idul Fitri 1443 H.

Pelaksanaan pengamanan Idul Fitri ini tentunya tidak terlepas dari kebijakan Pemerintah, melalui Inmendagri Nomor 22 Tahun 2022 tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat yang diberlakukan dari tanggal 19 April sampai dengan tanggal 9 Mei 2022  serta surat Edaran Satgas Covid-19  Nomor 16 Tahun 2022 tentang ketentuan perjalanan orang dalam negeri pada masa pandemic Covid-19, yang berlaku efektif mulai tanggal 2 April 2022. Dalam kebijakan pemerintah tersebut telah diatur secara khusus ketentuan pelaksanaan kegiatan masyarakat dan perjalanan pada masa pandemi sesuai level asesmen di masing-masing wilayah.

Kelonggaran-kelonggaran yang diberikan oleh pemerintah agar masyarakat dapat merayakan Idul Fitri bersama keluarga harus kita sikapi dengan tetap menjaga agar penyebaran Covid-19 tidak mengalami peningkatan dengan lakukan Vaksinasi dan taat Prokes.

 Kapolres Flotim AKBP I Gede Ngurah Joni M, S.H.,S.I.K.,M.H. melalui Kasi Humas IPDA Anwar Sanusi menjelaskan, Apel dilaksanakan secara serentak. Dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan, Apel Operasi Ketupat Turangga ini juga dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir persiapan pelaksanaan operasi ketupat Turangga 2022 dalam rangka memberikan rasa aman dan sehat dalam perayaan Idul Fitri 1443 H.

“Hal ini untuk menciptakan suasana kondusif, aman dan tertib menjelang lebaran di masa pandemi Covid-19. Tak terkecuali, Polres Flotim juga menggelar operasi ketupat 2021.” Terangnya

Turut hadir dalam acara tersebut Dandim 1624 Flotim LETKOL INF. Tunggul Jati, S.H. Kapolres Flotim AKBP I Gede Ngurah Joni M, S.H.,S.I.K.,M.H., Waka Polres Flotim KOMPOL Januarius Seran, S.H., Pasi Ops Kodim 1624/ Flotim KAPTEN Inf. Paulus Ibi Weking, Sek Ban BPBD Kab. Flotim TARSISIUS KOPONG PIRA, S.E., Kepala dinas  Perhubungan Larantuka Laurensius Yitno Wada, S.R.,M.Si., Kadis Kesehatan Kab. Flotim dr. Ogie Silimalar, Para Kabag, Kasat, Kasie dan Perwira Polres Flotim, Tokoh Agama, Pertamina, Bulog Fotim. Anggota Pasukan Gelar Operasi Ketupat yang terdiri dari TNI / POLRI, Pol PP, BPBD, Perhubungan dan Syahbandar.

(HMS/N4R24)