Bersama Instansi Terkait, Polres Flotim Lakukan Pengamanan Sholat Idul Adha 1444 H/2023 di Pelabuhan Laut Larantuka

Bersama Instansi Terkait, Polres Flotim Lakukan Pengamanan Sholat Idul Adha 1444 H/2023 di Pelabuhan Laut Larantuka

tribratanewsflorestimur.com, Larantuka - Pelataran Pelabuhan Laut Larantuka Kelurahan Postoh, Kecamatan Larantuka, Kabupaten Flores Timur (Flotim) menjadi saksi berlangsungnya Sholat Idul Adha 1444 H tahun 2023. Dalam rangka menjaga kelancaran pelaksanaan ibadah tersebut, Polres Flotim bersama instansi terkait, termasuk Kodim 1624 Flotim, Satpol PP, dan Dishub Kabupaten Flotim, melaksanakan pengamanan pada Kamis, 29 Juni 2023.

 

Selain pengamanan di area Pelabuhan Laut Larantuka, petugas juga ditempatkan di titik-titik jalan yang rentan macet, seperti pertigaan dan perempatan jalan menuju pelabuhan tersebut. Ribuan umat Muslim dari Kota Larantuka memadati area pelabuhan laut untuk melaksanakan Sholat Idul Adha, dengan perkiraan jumlah peserta sekitar 5.000 orang.

 

Kapolres Flotim, AKBP I Gede Ngurah Joni M., S.H., S.I.K., M.H., melalui Kabag OPS Polres Flotim, AKP I Made Muter, sebagai koordinator pengamanan, mengungkapkan bahwa personel gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, dan juga petugas swakarsa dari Panitia Sholat Idul Adha (PHBI) berkerja secara sinergi dalam menjalankan tugas pengamanan. Hal ini memastikan keamanan dan kelancaran pelaksanaan sholat dari awal hingga akhir.

"Semua petugas gabungan bekerja secara sinergi dalam menjalankan tugasnya sehingga Sholat Idul Adha 1444 H berjalan aman dan lancar. Terima kasih banyak," ucap Kabag OPS.

 

Adapun untuk pemotongan hewan qurban, akan dilakukan di masing-masing masjid di Kota Larantuka setelah selesainya Sholat Idul Adha tersebut. Sebagai informasi, pengasuh Sholat Idul Adha 1444 H adalah Imam: Haji Hasan Somba (Imam Masjid Agung AS Syuhada Eksapta), Khotib: Ustad Sapsidi S.H.I. (Kepala KUA Adonara Barat), dan Bilal: Bapak Husen BM.

 

Jumlah hewan qurban yang akan disembelih sebanyak 33 ekor sapi dan 18 ekor kambing. Dalam menjalankan ibadah qurban ini, diharapkan masyarakat dapat merasakan kedamaian dan berbagi kebahagiaan bersama seluruh umat Muslim di Kota Larantuka.