Gunung Lewotobi Mengalami Erupsi, Bhabinkamtibmas Himbau Warga Waspada

Gunung Lewotobi Mengalami Erupsi, Bhabinkamtibmas Himbau Warga Waspada
Gunung Lewotobi Mengalami Erupsi, Bhabinkamtibmas Himbau Warga Waspada

tribratanewsflorestimur.com_ Demikian informasi dilaporkan oleh Kanit Intelkam Kepolisian Sektor Wulanggitang - Flores Timur AIPDA Damianus Hera yang melakukan koordinasi dan penggalangan terhadap Ketua Pos Pengamat Gunung Lewotobi Laki-laki dan Perempuan Herman Yosef Mboro terkait perkembangan aktivitas Gunung Lewotobi Laki-laki dan Perempuan.

Bahwa benar telah terjadi erupsi atau letusan abu vulkanik pada hari Jumat, tanggal 22 Desember 2023, sekitar pukul 17.13 mengalami erupsi dengan durasi sekitar 688 detik. Dikatakan bahwa erupsi atau letusan abu disebabkan karena proses naiknya magma ke permukaan, dan selama proses naiknya magma itu berlangsung maka erupsi akan terus berlangsung.

Akan tetapi sampai dengan saat ini belum ada erupsi susulan. Dikatakan pula bahwa aktivitas Gunung Lewotobi Laki-laki dan Perempuan sampai dengan saat ini masih pada level 2 (Waspada).

Sehubungan dengan itu Bhabinkamtibmas menghimbau kepada warga masyarakat agar untuk sementara tidak boleh melakukan pendakian Gunung Lewotobi Laki-laki dan Perempuan serta dilarang melakukan aktivitas dalam radius 2 kilometer dari pusat kawah Gunung Lewotobi Laki-laki dan Perempuan.

Sebagai informasi disampaikan bahwa Gunung Lewotobi Laki-laki sudah sering mengeluarkan erupsi, yang terakhir terjadi pada tahun 2004, yang dampaknya terasa di Desa Dulipali, Desa Klatanlo, Dusun Bawalatang Desa Nawokote dan Desa Boru.

Perkembangan aktivitas Gunung Lewotobi Laki-laki dan Perempuan akan disampaikan kepada warga masyarakat untuk diambil langkah-langkah antisipatif dan pengamanan.