Kondusif, situasi terkini Kerusuhan antar kelompok di Larantuka

Kondusif, situasi terkini Kerusuhan antar kelompok di Larantuka

Tribratanewsflorestimur.com - Kerusuhan kecil yang sempat terjadi bertepatan Hari raya Idul Fitri 1443 H di Larantuka, Kabupaten Flores Timur, NTT pada Senin, 2 Mei 2022 kini kondisinya sudah kondusif.

 

Kapolres Flotim AKBP I Gede Ngurah Joni M, S.H.,S.I.K.,M.H. melalui Kasi Humas IPDA Anwar Sanusi menjelaskan, Setelah kejadian kemarin. Polres Flotim dan anggota Kodim 1624 Flotim langsung sigap turun mengamankan lokasi insiden, Setelah dipastikan kondusif, aktivitas masyarakat pada kedua kelurahan yang rusuh itu kini sudah normal kembali.

 

Meskipun sudah aman, aparat gabungan dari TNI Polri masih berjaga-jaga di titik-titik tertentu dan melakukan patroli. Kejadian ini terjadi antara warga Kelurahan Postoh dan Ekasapta masih dalam satu Kecamatan Larantuka.

 

“Setelah kerusuhan kami dari kepolisian Polres Flotim dan juga rekan-rekan TNI dari Kodim 1624 Flotim juga lakukan patroli secara berkala dari kemarin hingga satu minggu ke depan,” terang Kasi Humas.

 

Menyinggung kerusuhan yang sempat terjadi bertepatan Hari Raya Idul Fitri, Kasi Humas Polres Flotim tersebut mengaku bisa diredam dengan melakukan pendekatan kepada beberapa tokoh masyarakat maupun tokoh agama di kedua kelurahan tersebut.

“Kemarin juga bapak Kapolres dan anggota mengunjungi beberapa tokoh agama maupun tokoh masyarakat untuk bisa meredam situasi kemarin,” pungkasnya.

 

Sementara Tokoh Agama dari Kelurahan Ekasapta H. Hasan Somba yang di temui di kediamannya, sangat mengapresiasi langkah cepat kepolisian dan TNI yang cepat mengambil langkah guna meredam situasi kerusuhan tersebut.

 

“Saya secara pribadi sangat mengapresiasi bapak Kapolres Flores Timur yang sudah cepat mengambil langkah untuk meredam situasi kerusuhan kemarin, saya menyangsikan apabila kerusuhan yang sudah menjurus pada tindak pidana terlambat diredam maka bisa berakibat fatal dan dapat menimbulkan korban jiwa maupun material.” ujarnya

 

“Saya mewakili Warga muslim keluruhan Postoh sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada bapak Kapolres Flotim dan Dandim 1624 Flotim yang sudah cepat serta tepat mengambil langkah guna mengkondusifkan kembali keadaan kamtibmas sehingga kami malam tadi bisa bersilahturahmi kesanak saudara dalam keadaan aman,” ucap tokoh agama Kelurahan Postoh Abd Kahar Duli.