Polres Flotim Bentuk Satgas internal Bantu Percepatan Penanggulangan Bencana erupsi gunung Lewotobi

Polres Flotim Bentuk Satgas internal Bantu Percepatan Penanggulangan Bencana erupsi gunung Lewotobi

tribratanewsflorestimur.com - Pasca erupsi gunung Lewotobi laki laki di kab. Flores Timur - NTT pada 1 Januari 2024, Kepolisian Resor Flores Timur telah membentuk Satgas internal percepatan penanggulangan bencana alam sesuai petunjuk pimpinan atas.

Dibentuknya satgas oleh Polres Flotim ini bertujuan untuk mengantisipasi dan melakukan perbantuan dan  tindakan cepat terhadap korban terdampak bencana serta memulihkan keadaan yang lebih baik.

Kapolres Flotim melalui Kabag OPS Polres Flotim AKP Ridwan, SH menyatakan bahwa Polri mempunyai tugas dalam memelihara Kamtibmas juga sebagai penegak hukum, menjaga keamanan dalam negeri (Kamdagri)  melindungi , mengayomi dan melayani masyarakat juga mempunyai tugas perbantuan dalam keadaan darurat bencana yang tetap bergandengan dengan pemerintah.

" Polri disamping mempunyai tugas pokok juga mempunyai tugas perbantuan dalam menjaga kamdagri termasuk situasi bencana yang terjadi termasuk seperti bencana erupsi gunung Lewotobi yang telah berstatus siaga ( level ) III di kec.  Wulanggitang Kab. Flotim  - NTT , Jelasnya.

Sebagai Atensi  tindak lanjut berjenjang Pimpinan Polri ke bawah sampai ke wilayah Polda NTT hingga ke Polres Flotim, telah membentuk SubSatgas perbantuan bencana tingkat Polres Flotim yang dipimpin oleh masing masing Kasubsatgas  untuk bertugas dalam penanggulangan erupsi gunung Lewotobi di kab. Flotim sesuai surat perintah Kapolres Flotim.

Adapun Subsatgas yang dibentuk dan telah diterjunkan ke lokasi terdampak erupsi gunung Lewotobi adalah satgas evakuasi/Patroli, satgas Bansos, satgas rehabilitasi/trauma heling, satgas Binluh dan Subsatgas deteksi pada kamis (4/1/2024).

Semua  Subsatgas diharapkan bertugas secara maksimal dan selalu bekerja sama dengan semua pihak terkait dalam penanganan bencana sehingga tugas kemanusiaan ini dapat berjalan dengan baik, tandas Kabag OPS.