Turut Melepas Karnaval, Kapolres: Warga Flores Timur Sangat Antusias

Turut Melepas Karnaval, Kapolres: Warga Flores Timur Sangat Antusias

tribratanewsflorestimur.com, Larantuka - Semangat kemerdekaan RI nampak semakin meriah di Flores Timur (Flotim) saat ribuan warga berkumpul untuk mengikuti Karnaval dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78. Acara yang digelar di halaman depan Kantor Bupati Flotim dan pada beberapa titik lainnya pada hari Selasa, 15 Agustus 2023, ini menjadi sorotan berkat kehadiran Kapolres Flotim, AKBP I Nyoman Putra Sandita, S.H., S.I.K., M.H. yang turut membuka dan melepas Karnaval tersebut.

 

Kemeriahan karnaval terlihat dari animo masyarakat yang begitu besar. Tidak hanya dari sekolah-sekolah tingkat TK, SD, SMP, dan SMA, tetapi juga dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Daerah Flotim, serta berbagai paguyuban dan kelompok masyarakat. Mengingat banyaknya peserta tahun ini karnaval dibagi menjadi empat titik, seperti kantor daerah Larantuka, Lapangan Raja Manuk, depan TK Laeticia, serta di Polres Flores Timur, serta di lepas di dua titik berbeda dan berakhir di depan Bale Gelekat Gedung DPRD Flotim, di mana Penjabat Bupati Flotim, Drs. Doris Alexander Rihi, M.Si, beserta jajaran ikut menyaksikan.

 

Tidak hanya menampilkan semarak busana adat dan tarian khas daerah Lamaholot, karnaval juga memperlihatkan keberagaman budaya dari seluruh Nusantara. Bahkan, cabang olahraga beladiri Pencak Silat juga turut ambil bagian dalam karnaval ini, dengan keikutsertaan perguruan PSHT, Perisai Diri, IKSPI, Tapak Suci, dan Tauchi, yang semuanya bersatu di bawah naungan Keluarga Besar IPSI Flotim.

Ribuan warga Flores Timur membanjiri jalan-jalan dalam karnaval ini dengan penuh semangat, menunjukkan rasa syukur dan kebanggaan atas kemerdekaan RI yang ke-78. Karnaval ini memiliki makna yang mendalam karena menjadi pengingat semangat gotong royong dan persatuan dalam menghadapi berbagai tantangan, terutama setelah beberapa tahun terakhir ini karnaval ditiadakan akibat dampak pandemi Covid-19.

 

Kegiatan inipun dapat berjalan dengan aman dan lancar berkat pengaman yang dilakukan oleh Personel Kodim 1624 Flotim, Polres Flotim dan beberapa Instansi terkait lainnya.