Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Turangga 2018

Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Turangga 2018

Tribratanewsflorestimur.com – Polres Flotim, Rabu (19/09/2018) pukul 08.00 wita bertempat di Lapangan Polres Flotim Kapolres Akbp Arri Vaviriyantho, S.I.K., M.Si., bertindak sebagai irup dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Turangga 2018. Dengan tema melalui apel Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Turangga 2018 kita tingkatkan senergi Polri dengan instansi terkait dalam rangka mewujudkan Kamdagri yang kondusif,

IMG_3480 Ikut hadir Ketua DPRD Flotim Yosep Sani Bethan, ST., Dandim 1624/Flotim Letkol Inf. Komang Agus M.P, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Larantuka Rightmen M.S Situmorang SH, MH., Ketua KPUD Flotim Ernesta Katana A.Md., beserta Komisioner KPU, Ketua FKUB Romo Bernadus Kerans, Pimpinan Parpol peserta Pemilu, dengan peserta upacara yang terdiri dari TNI Kodim 1624/Flotim, Anggota Polres Flotim, Satpol PP, dan Anggota KPUD Flotim.

Dalam apel tersebut Kapolres Flotim membacakan Amanat Kapolri sbb:

  1. Perkuat soliditas dan sinergisitas TNI dan Polri guna mewujudkan Pemilu yang aman, lancar, dan damai.
  2. Jaga netralitas Polri dan TNI, serta hindari tindakan yang dapat mencederai netralitas TNI dan Polri dalam penyelenggaraan setiap tahapan Pemilu.
  3. Kedepankan langkah proaktif dengan mengoptimalkan deteksi dini guna mengetahui dinamika yang berkembang untuk selanjutnya dilaksanakan upaya pencegahan dan penanganan secara dini.
  4. Dorong seluruh elemen KPU, Bawaslu, Caleg, Parpol dan masa pendukungnya, Pemda, media, tokoh masyarakat, serta pengawas Pemilu independen untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diemban sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  5. Gelorakan deklarasi Pemilu damai di masing-masing wilayah dengan mengikutsertakan elemen-elemen yang terlibat dalam penyelenggaraan Pemilu.
  6. Susun rencana pengamanan secara detail dan Iaksanakan latihan pada setiap tahapan pengamanan, termasuk dalam menghadapi situasi kontinjensi.
  7. Lakukan penegakan hukum secara profesional dan proporsional, baik terhadap dugaan tindak pidana Pemilu yang diselenggarakan melalui Sentra Gakkumdu, maupun potensi pelanggaran hukum lainnya, guna menjamin stabilitas kamtibmas yang kondusif.

IMG_3459 Gelar pasukan ini adalah untuk melihat sejauh mana kesiapan Polres Flotim dalam hal personil dan sarpras guna mengantisipasi tahapan-tahapan pemilu 2019. Bersama TNI dan stakeholder yang lain, polres flotim berupaya untuk menjaga dan memelihara stabilitas kamtibmas di wilayah Kab. Flotim, kita juga berharap dengan adanya gelar pasukan ini memberi perasaan tentram kepada masyarakat bahwa kegiatan pemilu 2019, aparat keamanan dibantu dengan semua unsur masyarakat dan pemerintah daerah turut bahu membahu dalam menjaga kab. Flotim agar tetap damai dan kondusif.” Tambah Kapolres