Simulasi Pengamanan Pengamanan Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden TA. 2018 Oleh Polres Flotim

Simulasi Pengamanan Pengamanan Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden TA. 2018 Oleh Polres Flotim

Tribratanewsflorestimur.com – Polres Flotim, Kapolres Flotim Akbp Arri Vaviriyantho, S.I.K., M.Si., pimpin langsung jalannya pelaksanaan Simulasi Pengamanan Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden TA. 2018 dan di dampingi Waka Polres Kompol Gede Putra Yase. SH., diikuti para Perwira dan seluruh anggota Polrers Flotim. Selasa (18/09/2018) pukul 07.30 wita.

IMG_3220 Dalam simulasi pengamanan pilkada tersebut digambarkan dengan skenarionya adalah adanya pihak-pihak yang tidak terima dengan hasil perhitungan suara yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Massa yang tak puas itu, kemudian menyerbu KPUsambil berorasi, lalu tim negosiator menemui pimpinan massa tersebut untuk berdiskusi.

Namun diskusi yang mereka lakukan menemui jalan buntu, sehingga membuat emosi massa semakin anarkis dan brutal. Dengan melakukan pelemparan batu dan air mineral, kemudian dihadang oleh Tim Dalmas yang menggunakan tameng.

Namun, tindakan Tim Dalmas untuk menghalau ribuan massa yang berada di kantor KPU tersebut semakin tidak terkendali, maka Tim Dalmas langsung mengambil tindakan tegas dengan memukul mundur masa mengunakan tameng.

Selanjutnya, personel pengurai massa (raimas) dengan motor trailnya juga berusaha membubarkan massa dan mengambil pelaku profokator dan mengamankannya.

IMG_3330 Kapolres Flotim mengatakan, Giat simulasi ini sebagai bagian dari Latpraops Mantap Brata Turangga 2018 dimaksudkan untuk menyegarkan kembali ingatan personil Polres Flotim dalam menjalankan tupoksinya mengamankan kegiatan selama proses pemilu 2019 berlangsung. Simulasi ini juga sebagai ajang pembelajaran baik pada pimpinan maupun pelaksana di lapangan untuk mengetahui apa langkah-langkah yang harus diambil di lapangan ketika menghadapi situasi yang akan terjadi. Sehingga dengan pelaksanaan simulasi ini, diharapkan para anggota mengetahui apa yang harus dilakukan, pada siapa harus berkoordinasi dan pada siapa harus bertanggung jawab.