Upacara Peringatan Detik – detik Proklamasi Dalam rangka HUT Kemerdekaan RI Ke-73 Tingkat Kabupaten Flotim

Upacara Peringatan Detik – detik Proklamasi Dalam rangka HUT Kemerdekaan RI Ke-73 Tingkat Kabupaten Flotim

Tribratanewsflorestimur.com - Polres Flotim. Jumat (17/08/2018) pukul 10.00 wita, Upacara Detik – detik Propklamasi dan Pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 73 tahun 2018 tingkat Kabupaten Flores Timur telah dilaksanakan di Stadion Ile Mandiri Kelurahan Postoh Kecamatan Larantuka Kabupaten Flores Timur dengan Tema nasional “Kerja Kita Prestasi Bangsa”.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara peringatan detik – detik Proklamasi Bupati Flotim Antonius Hubertus Gege Hadjon, ST  sedangkan yang membacakan Naskah Proklamasi adalah Ketua DPRD Kabupaten Flotim Yoseph Sani Betan, ST. Sedangkan pasukan upacara terdiri dari Pleton TNI , Polri, Satpol PP, Lapas, Dishub, ASN serta para mahasiswa dan pelajar kota Larantuka.

WhatsApp Image 2018-08-17 at 11.37.42 Kemudian dilanjutkan dengan acara pokok / inti Pengibaran Bendera Merah Putih oleh Siswa – siswi tingkat SMA/SMK/MA baik Negeri maupun Swasta yang ada di Kota Larantuka Kabupaten Flotim. Adapun urut – urutannya terdiri dari Pasukan 17 oleh Siswa – siswi, Pasukan 8 diapit oleh Anggota Polres Flotim dan Kodim 1624 Flotim dan Pasukan 45 oleh Siswa – siswi.

Dalam sambutannya Bupati Flotim menyampaikan  bahwa hari ini kita bersyukur, untuk kemerdekaan bangsa yang kita peroleh hingga usia yang ke 73 tahun. Kita berdoa agar kita terus diberikan kemampuan dalam mewujudkan cita – cita bangsa untuk melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia.

Lebih lanjut Bupati mengatakan bahwa Flores Timur adalah bagian integral dari negara Kesatuan Republik Indonesia, perjuangan kita dalam mengsi kemerdekaan di daerah ini tidak lepas dari konteks membangun bangsa. Oleh karena itu kerja dan pengabdian kita dalam mengisi kemerdekaan harus mampu memberikan kontribusi nyata demi kejayaan dan kemajuan bangsa. Semangat para pahlawan yang berhasil membangun kebersamaan dan persatuan antar elemen bangsa yang mengedepankan dialog konstruktif dalam menghadapi persoalan bangsa kala itu, sepatutnya perlu terus kita gelorakan setiap karya pengabdian kita dalam mengisi kemerdekaan di daerah Flotim.

Pada kesempatan tersebut Bupati Flotim juga memberikan Remisi dan penyerahan remisi kepada perwakilan Narapidana serta pemberian penghargaan bagi warga yang menyelamatkan Satwa Penyu dan penyerahan penghargaan Lomba Posyandu.

WhatsApp Image 2018-08-17 at 11.37.37 Hadir dalam upacara tersebut Wakil Bupati Flotim Agustinus Payong Boli, SH , Ketua DPRD Kab. Flotim Yoseph Sani Betan, ST , Dandim 1624 Flotim Letkol Inf. Komang Agus M. P. ,S.Sos , Kapolres Flotim AKBP Arri Vaviriyantho, S.IK, M.Si , Sekda Kab. Flotim Anton Tonce Matutina, BA, SH , Bapa Uskup Larantuka Mgr Fransiskus Koping Kung, Pr , Kepala Kejaksaan Negeri Flotim, Ketua MUI Kab. Flotim Ahmad Bethan, Pimpinan OPD Kab Flotim, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Ketua Organisasi Wanita Tingkat Kab. Flotim, LSM , Pimpinan Parpol, para Kepala Sekolah tingkat SLTA dan SLTP Kota Larantuka serta masyarakat kota Larantuka yang menyaksikan upacara detik – detik Proklamasi RI ke 73.

Rangkaian kegiatan upacara mendapat pengamanan dari personil Kodim 1624 Flotim, Polres Fltim dan Satpol PP Kab. Flotim dan selama giat berjalan lancar, sukses aman terkendali.