Erupsi gunung Lewotobi Laki Laki, Polsek Wulangitang lakukan Monitoring ,Himbauan dan aksi bagi Masker kepada Masyarakat terdampak

Erupsi gunung Lewotobi Laki Laki, Polsek Wulangitang lakukan Monitoring ,Himbauan dan aksi bagi Masker kepada Masyarakat terdampak
Erupsi gunung Lewotobi Laki Laki, Polsek Wulangitang lakukan Monitoring ,Himbauan dan aksi bagi Masker kepada Masyarakat terdampak

tribratanewsflorestimur.com_ Polsek Wulanggitang - Polres Flotim lakukan langkah antisipasi terkait erupsi gunung Lewotobi Laki laki di kecamatan Wulanggitang kabupaten Flotim - NTT dengan berikan imbauan , monitoring dan aksi bagi Masker kepada warga Boru dan sekitarnya pada Senin ( 3/6/2024 ).

Kapolres Flotim AKBP I Nyoman Putra Sandita, S.H.,S.I.K.,M.H.  memalui Kapolsek Wulanggitang IPTU I Nyoman Karwadi,SH menyatakan bahwa seluruh anggota bergerak lakukan langkah antisipatif dampak erupsi gunung Lewotobi Laki laki.

" Kita bergerak cepat bersama personil dan instansi terkait dengan lakukan monitoring , koordinasi , imbauan dan membagikan masker kepada warga terdampak, jelasnya.

Seluruh personil Polsek Wulanggitang dan Bhabinkamtibmas diterjukan guna memberikan rasa aman kepada masyarakat.

" Pembagian masker dilaksanakan di pasar Boru desa Boru kecamatan Wulanggitang kab. Flotim serta turun ke desa desa terdampak guna mengimbau warga agar tidak panik dalam situasi sekarang ini, ucap Kapolsek.

Dari data yang dihimpun sementara bahwa Saat ini G. Lewotobi Laki-laki berada pada Status Level II (Waspada) dengan rekomendasi salah satunya adalah agar Masyarakat di sekitar G. Lewotobi Laki-laki dan pengunjung/ wisatawan tidak melakukan aktivitas apapun dalam radius 2 KM dari pusat erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki serta sektoral 3 km pada arah Utara-Timur Laut dan 5 KM pada sektor Timur Laut.

Masyarakat yang terdampak hujan abu Gunung  Lewotobi Laki-laki memakai masker/penutup hidung-mulut untuk menghindari bahaya abu vulkanik pada sistem pernafasan.

Adapun Desa - Desa yang berdampak Erupsi Gunung Api Lewotobi Laki :

a. Desa Dulipali ( Kec.Ilebura)
b. Desa Klatanlo ( Kec. Wulanggitang)
c. Desa Hokeng Jaya ( Kec. Wulanggitang)
d. Desa Persiapan Padang Pasir ( Kec. Wulanggitang )
e. Desa Boru ( Kec.Wulanggitang )
f. Desa Persiapan Nawokote B ( Kec. Wulanggitang ).

Polsek Wulanggitang akan  selalu berkoordinasi  dengan Pos Pengamatan G. Lewotobi Laki-laki di Desa Pululera, Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur guna mengupdate data perkembangannya.

Secara umum aktifitas Masyarakat Masih berjalan normal namun tetap di himbau menggunakan Masker kepada masyarakat pedagang dan pengunjung pasar boru.

" Ini adalah upaya dari Polsek Wulanggitang untuk mengantisipasi dampak dari Erupsi Gunung Api Lewotobi dengan salah satu adalah  melakukan Pembagian Masker, pungkas Iptu Nyoman Karwadi.