Polres Flotim Gelar Operasi Patuh Turangga 2024

Polres Flotim Gelar Operasi Patuh Turangga 2024
Polres Flotim Gelar Operasi Patuh Turangga 2024
Polres Flotim Gelar Operasi Patuh Turangga 2024

tribratanewsflorestimur.com_ Polres Flores Timur menggelar Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Patuh Turangga 2024 di Lapangan POLRES Flores Timur, Jln Herman Fernandez No 76, Kelurahan Amagarapati, Kecamatan Larantuka, Flores Timur. Senin (15/07/2024).

Apel Gelar Pasukan ini diikuti oleh 1 regu Tni-ad/kodim 1624, 1 peleton Sat Samapta Polres, 1 peleton Sat Lantas Polres, 1 peleton Sat Reskrim, Intelkam, Narkoba & Tahti Polres, 1 peleton Staf Gabungan Polres, 1 regu Dinas Perhubungan dan 1 regu Satpol PP.

Bertindak selaku Inspektur Apel Wakapolres Flores Timur AKBP Anak Agung Ngurah Surya, SH, Perwira Apel Kabag Ops Polres AKP Ridwan, SH, Komandan Apel Kasubag Strajemen Polres IPDA Luis Karel, Perwira Keamanan Kasi Propam Polres IPTU Agus Heriawan. 

Hadir dalam acara Apel ini para Kabag, Kasat dan Perwira di jajaran Polres Flores Timur, Kepala Bidang Perhubungan Darat Dinas Perhubungan Kabupaten Flores Timur dan Kasubag Tata Usaha Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Flores Timur.

Apel Gelar Pasukan ini ditandai dengan penyematan pita Operasi oleh Inspektur Apel kepada perwakilan dari anggota Polres, anggota Tni-ad/kodim dan Dinas Perhubungan.

Pada kesempatan ini Inspektur Apel membacakan sambutan tertulis dari Kapolda NTT IRJEN POL Daniel Tahi Monang Silitonga, SH, MA, yang mengemukakan permasalahan di bidang lalulintas yang berkembang cepat dan dinamis, sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Perkembangan transportasi juga sudah memasuki era digital dimana operasional order angkutan publik cukup dengan menggunakan handphone, sehingga perlu diikuti dengan inovasi dan kinerja POLRI khususnya POLANTAS agar mampu mengantisipasi segala dampak yang timbul dari modernisasi transportasi dengan berupaya melaksanakan program KAPOLRI yang disebut Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi berkeadilan) sesuai amanat Undang-undang No.22 Tahun 2009 tentang Lalulintas dan Angkutan Jalan, yang mengharapkan kita untuk mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan, ketertiban serta kelancaran berlalulintas (kamseltibcarlantas), meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalulintas, membangun budaya tertib lalulintas dan meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Keempat hal tersebut memiliki kompleksitas yang tidak bisa ditangani oleh POLANTAS sendiri, melainkan membutuhkan sinergitas antar pemangku kepentingan agar dapat ditemukan akar masalah dan solusinya yang harus diterima dan dijalankan oleh semua pihak.

Dikatakan, bahwa salah satu fokus perhatian saat ini adalah keselamatan bagi pengguna jalan yang menjadi sesuatu yang pertama dan utama dalam berlalulintas yang merupakan urat nadi kehidupan, cermin budaya bangsa, yang kehilangan satu nyawa pun sangat berarti dan tak ternilai harganya.

Ditegaskan bahwa sasaran Operasi ini meliputi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata yang dapat menghambat kamseltibcar lantas. Maka diharapkan Operasi ini dapat efektif menekan jumlah korban fatal laka lantas, meminimalisir kemacetan lalulintas dan meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam berlalulintas dan mantapnya kamseltibcar lantas.

Pada akhir sambutan tertulisnya KAPOLDA mengingatkan pelaksanaan deteksi dini dan pemetaan terhadap lokasi yang rawan kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan, pelaksanaan pembinaan dan penyuluhan kepada seluruh masyarakat tentang kamseltibcar lantas, pelaksanaan edukasi dan membangun kesadaran masyarakat untuk tertib berlalulintas, meningkatkan sinergitas dan soliditas dengan TNI, Pemerintah Daerah dan Tokoh Masyarakat, pihak Swasta dan media massa serta stakeholder terkait lainnya untuk tercapainya koordinasi yang solid menuju kamseltibcar lantas yang aman dan kondusif, hindari tindakan kontra produktif yang merusak citra POLRI, pelaksanaan penegakan hukum secara statis dan mobile serta teguran subjektif dan humanis terhadap mereka yang melakukan pelanggaran lalulintas; dan akhirnya melakukan counter opini terhadap berita-berita hoaks di media sosial, media online maupun media mainstream terkait Operasi Patuh Turangga 2024.

Operasi Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Patuh Turangga 2024 tingkat POLRES Flores Timur berakhir pada pukul 08.45 wita dan selama kegiatan berlangsung situasi Kamtibmas terpantau aman dan kondusif.