Polres Flotim Wujudkan Perdamaian Masalah Penganiayaan Antara Desa di Kec. Solor Timur

Polres Flotim Wujudkan Perdamaian Masalah Penganiayaan Antara Desa di Kec. Solor Timur

tribratanewsflorestimur.com – Polres Flotim Polda NTT, Kepolisian Resor Flores Timur wujudkan Perdamaian bermula dari masalah penganiayaan yang terjadi pada hari Minggu tanggal 24 Oktober 2021 antar Desa di Kecamatan Solor Timur Kabupaten Flores Timur.

 

Kegiatan tersebut dipimpin langsung Kapolres Flotim AKBP I GUSTI PUTU SUKA ARSA, S.I.K didampingi Kasat Intelkam Polres Flotim IPTU MARKUS F.S. WANGGE, dan Kapolsek Solor IPDA YEFRI SEFRUDIN APMALO, bersama Pemerintah Kecamatan, Desa, Pihak Keamanan Serta Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda dari kedua belah pihak. Kamis 29/10/2021

 

Kapolres Flotim AKBP I GUSTI PUTU SUKA ARSA, S.I.K melalui Kasi Humas IPDA Anwar sanusi menjelaskan, kegiatan ini merupakan respon cepat polres Flotim agar tidak meluas, sehingga wujud Penyelesaiannya dalam bentuk Damai tersebut adalah langkah yang tepat dalam menjaga situasi tetap Kondusif. Dimana pelaksanaannya bertempat di Mapolsek Solor.

adapun poin-poin dari Penyelesaian Damai yang dituangkan dalam surat pernyataan damai yakni :

  1. Bahwa atas kejadian perkelahian pemuda Lohayong dan Lamakera, Kedua Belah Pihak menyatakan damai dan tidak akan memproses secara hukum baik pidana maupun perdata.
  2. Masing-masing pemerintah Desa, Toko Adat, Toko Masyarakat, Toko Pemuda kembali menyadarkan generasi muda/pemudanya, bahwa kita adalah lewo kakan no'on arin.
  3. Mengagendakan waktu khusus untuk merajut kembali hubungan kakan arin dalam satu pertemuan informal waktu dan tempat akan ditentukan oleh empat Kepala Desa (motonwutun, watobuku, lohayong 1, dan lohayong 2).

 

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kecamatan, Desa, Pihak Keamanan Serta Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda dari kedua belah pihak atas keterlibatannya dalam mewujudkan perdamaian ini sehingga dapat terlaksana, karena tanpa bantuan dari para Tokoh dan Pihak lainnya maka perwujudan perdamaian ini akan sulit terlaksana”. tutup Kasi Humas

“saya atas nama masyarakat Solor timur mengucapkan terima kasih kepada Pihak Kepolisian dalam hal ini Polres Flotim dan Polsek solor, yang sudah membantu menyelesaikan dan menjaga Sitkamtibmas sehingga menjadi Kondusif .” Ucap Camat Solor Timur

 

Turut Hadir dalam giat tersebut Camat Solor Timur Abdul Wahid Bapa Ana, SE.M.S.i., Kabag Ops Polres Flotim AKP I Made Muter, Kasat Samapta IPTU Frietz Y. Letik, Kasat Reskrim IPTU Razes Fernando Manurung, S.Tr.K., Kasat Tahti IPTU Atam Iksanmudin, Kasubag Bin Ops IPDA Kristoforus H. Ritan, Kasiwas IPDA Alfons D. Narek, Kepala Desa Watobuku Ibramim Dasi, Kepala Desa Motonwutun Hamka Songge, Kepala Desa Lohayong 1 Abdul Gafur Keneng, Kepala Desa Lohayong 2 Usman Haji, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda dan Tokoh Masyarakat dari Kedua Desa, mewakili Danramil 1624-05 Solor SERMA Apris Kolimon.