Program Jumat Curhat, Polres Flotim Hadir Untuk Masyarakat

Program Jumat Curhat, Polres Flotim Hadir Untuk Masyarakat
Program Jumat Curhat, Polres Flotim Hadir Untuk Masyarakat

tribratanewsflorestimur.com_ Kapolres Flores Timur AKBP I NYOMAN PUTRA SANDITA, S.H., S.I.K., M.H., pada Jumat Curhat kali ini diwakili oleh Wakapolres KOMPOL A.A.Gd.Ngurah Surya, SH, dengan mengambil tempat di Kelurahan Pohon Bao, Kecamatan Larantuka. Pejabat Utama Polres Flotim yang hadir adalah Kasat Reskrim IPTU Lasarus Martinus Ahab La'a, SH, Kasat Binmas IPTU Atam Ikhsanmudi, Kasi Propam IPTU Agus Heriawan, KBO Stbinmas IPDA Agustinus G.Niron. Jumat (15/12/2023).

Sementara Pemerintah dan tokoh-tokoh masyarakat kelurahan yang hadir adalah Lurah Pohon Bao ibu Florensia Fitriyasi Ekawati, SKM, didampingi Ketua LKMD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda, Tokoh Perempuan, serta warga masyarakat lainnya berjumlah 45 orang.

Wakapolres menjelaskan secara umum tujuan dari kegiatan Jumat Curhat ini sebagai bentuk kepedulian dan pendekatan terhadap warga masyarakat yang idealnya dipandang sebagai mitra dari Kepolisian RI dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pelayan dan pengayom masyarakat.

Terkait hal ini Wakapolres menyatakan terima kasih kepada Ibu Lurah yang sudi menyambut uluran tangan Polres untuk kegiatan Jumat Curhat ini. Sebaliknya Lurah Pohon Bao atasnama warga pun mengucapkan terima kasih atas perhatian POLRES Flotim memilih Kelurahan Pohon Bao sebagai tempat dilaksanakannya Jumat Curhat kali ini.

Selanjutnya di dalam sesi dialog dan tanya jawab ternyata warga masyarakat sangat antusias dengan agenda Jumat Curhat ini, yang mengemuka dalam usul, saran, bahkan kritik, agar Polres sebagai institusi pelayan dan pengayom masyarakat semakin hari semakin dekat dengan warga masyarakat.

Di satu sisi Kehadiran Bhabinkamtibmas di kelurahan merupakan salah satu bentuk kedekatan itu, bahkan diusulkan agar personil Bhabinkamtibmas ditambah menjadi 2 orang satu kelurahan. Diusulkan pula agar kegiatan patroli ke tengah-tengah masyarakat ditambah frekuensinya, terutama bila terjadi pesta-pesta rakyat yang amat berpotensi terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat. Dalam hal terjadi gangguan kamtibmas masyarakat dapat melaporkan lewat hot line POLRES no.110, termasuk gangguan keamanan dan kenyamanan akibat pesta pora dan mabuk-mabukan.

Wakapolres berharap agar Pemerintah Kelurahan bersama Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda serta Ketua-ketua RT/RW untuk berperan aktif membantu menegur masyarakat khususnya anak-anak muda yang dapat mengganggu kondusifitas kamtibmas akibat minum mabuk-mabukan. Maka diperlukan juga ide pembentukan Pam Swakarsa guna meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap Kamtibmas di lingkungannya.

Sesuai permintaan masyarakat, kegiatan Jumat Curhat akan terus dilangsungkan untuk mendengarkan keluhan-keluhan, kritikan, informasi serta masukan dari masyarakat untuk perbaikan kinerja serta peningkatan pelayanan institusi POLRI kepada warga masyarakat Flores Timur.

Untuk diketahui, turut hadir dalam kesempatan ini, Kanit Binpolmas Satbinmas AIPDA I Wayan Aryasa, S.Sos, Kanit Bintipsos BRIPKA Bibiana O.Maran, SH, Kanit Binkamsa BRIPKA Yoldi Irawati Bara Pa, SH, Kaurmintu Satbinmas AIPDA Agus Jaenudin dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Pohon Bao BRIPKA Ruslan M Djafar.