Antisipasi Bencana, Kapolres Flotim Pimpin Apel Gelar Pasukan Penanggulangan Bencana Alam dan Pengendalian Karhutlah

Antisipasi Bencana, Kapolres Flotim Pimpin Apel Gelar Pasukan Penanggulangan Bencana Alam dan Pengendalian Karhutlah

tribratanewsflorestimur.com - Polres Flotim Polda NTT, Kapolres Flotim AKBP I GUSTI PUTU SUKA ARSA, S.I.K memimpin Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Penanggulangan Bencana Alam dan Pengendalian Karhutlah diwilayah Kabupaten Flores Timur yang bertempat di lapangan Apel Mapolres. Senin 22/03/2021

 

Apel Gelar Pasukan ini sendiri dilaksanakan secara serentak, sebagai representasi kesiapan Polri bersama TNI dan stakeholder menghadapi bencana alam di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur khususnya di Kabupaten Flores Timur ini.

 

Kegiatan Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Penanggulangan Bencana Alam dan Pengendalian Karhutlah dihadiri Dandim 1624/Flotim Letkol Czi Imanda Setyawan, S.T., M.I.P, Waka Flotim Kompol Januarius Seran S.H, Dinas BPBD Kepala Bidang Pecegahan dan kesiap siagaan  Flotim Yohanes B. Hayon Sos, Kasat Sat Pol PP Flotim Agustinus Ola Sabon Sos., M. AP, Kepala BMKG Kab. Flotim, Masianus Mila, S.Kom, Para Perwira Polres Flotim.

Dalam pelaksanaan Apel tersebut Kapolres Flotim AKBP I GUSTI PUTU SUKA ARSA, S.I.K membacakan amanat Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum.

 

Dalam amanat Kapolda NTT yang dibacakannya, Kapolres Flotim AKBP I GUSTI PUTU SUKA ARSA, S.I.K mengatakan Wilayah NTT yang mempunyai cuaca yang ekstrim dengan musim kemarau lebih lama dibandingkan musim hujan sehingga dapat menyebabkan kekeringan di beberapa tempat, Data kebakaran hutan dan lahan di Provinsi NTT periode tahun 2018 total luas lahan yang terbakar sebanyak 57.428 HA, tahun 2019 sebanyak 139.920 HA dan tahun 2020 total luas lahan yang terbakar sebanyak 114.719 HA. hal ini juga sesuai dengan arahan bapak Presiden RI tentang Antisipasi Karhutla dan Bencana Alam di indonesia yakni Agar pencegahan diprioritaskan. Perlu dilakukan deteksi dini dengan melakukan pemantauan di area-area rawan titik Api, Infrastruktur pemantauan dan pengawasan harus sampai tingkat bawah.

” Saya mengajak seluruh lembaga baik pemerintah daerah, masyarakat untuk turut berupaya semaksimal mungkin dan selalu laksanakan koordinasi dan sinergitas dalam penanggulangan bencana alam dan Pengendalian Karhutlah ini ”, Tambahnya.

 

Usai pelaksanaan Apel tersebut, Kapolres Flotim bersama rombongan melakukan pengencekan sarana prasarana penanggulangan bencana alam dan Pengendalian Karhutlah seperti Alat Pemadam, masker, Perahu Karet dan Ranmor baik roda 2, 4 dan 6.