Kuliah Umum Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Johni Asadoma, M.Hum kepada Mahasiswa IKTL Larantuka

Kuliah Umum Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Johni Asadoma, M.Hum kepada Mahasiswa IKTL Larantuka
Kuliah Umum Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Johni Asadoma, M.Hum kepada Mahasiswa IKTL Larantuka

tribratanewsflorestimur.com, Larantuka - Dalam rangka kunjungan kerja Bapak Kapolda NTT IRJEN POL Drs JOHNI ASADOMA, M.Hum di Wilayah hukum Polres Flores Timur ( Flotim ) Kabupaten Flotim, maka selain memantau langsung situasi Kamtibmas dalam rangka Pemilu 2024 juga melakukan Safari Kamtibmas.

 

Safari Kamtibmas kali ini, Kapolda NTT memberikan Kuliah umuum kepada Mahasiswa/i institut keguruan dan Teknologi ( IKTL ) dan dihadiri oleh Rektor, para Dosen dan Staf Kampus  IKTL yang  dilaksanakan di Aula komplek IKTL di Kelurahan Waibalun Kec. larantuka Kab. Flotim NTT Rabu (8/11/23) siang.

 

Dalam Sambutannya Rektor IKTL Kristoforus Ado Aran, S.Pd.,M.Pd. mengucapkan Selamat datang di kampus IKTL,  suatu  kehormatan bagi kami Karena telah mengunjungi kami di IKTL waibalun.

 

Adapun kuliah umum yang diberikan oleh Bapak Kapolda NTT adalah materi mengenai " Strategi pencegahan dan penindakan kejahatan siber untuk mewujudkan ruang digital yang bersih, sehat beretika, dan produktif di provinsi nusa tenggara timur".

Sebelum masuk pada inti materi ditayangkan sekilas profil bapak Kapolda NTT Irjen Pol Drs Johni Asadoma, M.Hum.

 

Kapolda menjelaskan bahwa Cyber crime adalah kejahatan dgn menggunakan perangkat elektronik yang terhubung internet, tidak mengenal batas wilayah negara, melampaui ruang dan waktu, dapat dilakukan oleh siapa saja dari berbagai tempat diatas muka bumi ini, dan menargetkan individu, organisasi bahkan negara.

 

Berkaitan  dengan Cyber crime tersebut maka Polri Polda NTT telah membentuk  Satgas  Patroli cyber. Dimana Satgas Polri ini dibentuk  untuk mencegah kejadian di Dunia Maya selama pemilu yaitu memonitor seluruh lalulintas dunia cyber setiap hari.

 

" Tindakan yang dapat diambil untuk mencegah terjadinya cyber crime adalah bisa  dengan mentake down dan penegakan hukum, jelasnya.

 

" Semoga dengan adanya pemaparan materi cyber crime ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua, harap Kapolda NTT .

 

Walau dalam suasana cuaca yang cukup panas namun ratusan mahasiswa/i IKTL tetap konsisten mengikuti acara sampai akhir dengan sesi  foto bersama.

 

Masih Dalam giat  acara yang sama, Kapolda NTT memberikan SIM gratis, helm dan Handphone (HP) tentunya dengan syarat dapat menjawab benar pertanyaan dari bapak Kapolda dan merangkum penjelasan materi yang disampaikan dalam bahasa inggris.

 

Hasilnya, ternyata mahasiswa/i bisa membawa pulang hadiah yang telah disiapkan oleh bapak Kapolda NTT tersebut, tentunya setelah peserta menjawab benar serta penjelasan singkat dalam bahasa inggris.