Misa Sabtu Santo (Malam Paskah) Di Gereja Katedral Reinha Rosari Larantuka Berlangsung meriah Dan Aman

Misa Sabtu Santo (Malam Paskah) Di Gereja Katedral Reinha Rosari Larantuka Berlangsung meriah Dan Aman
Misa Sabtu Santo (Malam Paskah) Di Gereja Katedral Reinha Rosari Larantuka Berlangsung meriah Dan Aman

tribratanewsflorestimur.com_ Perayaan Misa Sabtu Santo (Malam Paskah) pada hari Sabtu, tanggal 30 Maret 2024, diawali dengan Prosesi penjemputan Arca Maria Alleluya dari Kapela Tuan Ma ke Gereja Katedral Reinha Rosari Larantuka pada pukul 18.00 wita, oleh Konfreria Reinha Rosari Larantuka, sehingga Misa baru dapat dimulai pada pukul 19.00 wita. Misa dipersembahkan oleh RD Lukas Laba Orep sebagai imam konselebran utama, didampingi oleh dua imam konselebran lainnya, yang dihadiri oleh biarawan-biarawati, umat separoki Katedral beserta para peziarah Semana Santa 2024, diperkirakan sekitar 6000 orang.

Misa dibuka dengan Upacara Cahaya, yakni pemberkatan api dan penyalaan dan perarakan Lilin Paskah segera setelah Arca Maria Alleluya tiba di Katedral.

Upacara Cahaya ditandai dengan Nyanyian Agung Exultate, kemudian dilanjutkan dengan Liturgi Sabda yang juga dilakukan secara meriah, yang diambil dari Kitab Suci Perjanjian Lama sebanyak 7 bacaan, 1 bacaan Epistola, masing-masing dengan Mazmur antar bacaan dan 1 bacaan Injil. Liturgi Sabda ditutup dengan homili oleh Romo konselebran utama.

Selanjutnya dilakukan Pembaharuan Janji Baptis yang diikuti oleh semua umat yang hadir, dipandu oleh Imam konselebran utama. Kemudian dilanjutkan dengan Liturgi Ekaristi, yang dimeriahkan oleh Koor Lingkungan Nossa Senhora, Postoh, Larantuka.

Misa Malam Paskah ini berlangsung hampir tiga jam, dalam pengamanan terbuka dan tertutup oleh Kepolisian Resort Flores Timur, Jibom POLDA NTT, KODIM 1624 Flores Timur, Satpol PP dan Dinas Perhubungan setempat, Seksi Kamtib Paroki serta THS/THM (Tunggal Hati Seminari/Tunggal Hati Maria) Paroki.  Selama berlangsungnya Misa, situasi keamanan terpantau aman dan lancar.

Situasi keamanan terpantau aman dan lancar, ucap Pawasdal IPDA Agustinus Niron.