Pimpin Patroli Gabungan, Kapolsek Berikan Himbauan dan Bantuan Diwilayah Terdampak Erupsi Gunung Lewotobi

Pimpin Patroli Gabungan, Kapolsek Berikan Himbauan dan Bantuan Diwilayah Terdampak Erupsi Gunung Lewotobi

tribratanewsflorestimur.com, Flotim - Kapolsek Wulanggitang, IPTU Nyoman Karwadi,SH, pimpin patroli gabungan di wilayah terdampak Erupsi Gunung Lewotobi, yang masih berstatus Awas (level IV) sejak erupsi beberapa pekan lalu. Dalam upaya menjaga stabilitas kamtibmas dan memberikan bantuan kemanusiaan, patroli tersebut melibatkan personel dari Polsek, BKO Samapta Polda, dan Polres Flotim. Minggu (21/1/2024)

Dalam operasi "Aman Nusa II" tersebut, IPTU Nyoman Karwadi menyampaikan, "Kami tetap berupaya maksimal dalam melaksanakan tugas, selain menjaga kamtibmas dalam kondisi bencana dengan melakukan patroli, juga memberikan imbauan, edukasi, pembagian masker, penyaluran air bersih di tempat pengungsian, dan tindakan lain yang terkoordinasi guna mendukung percepatan penanganan bencana alam erupsi Gunung Lewotobi."

Selama tiga pekan pasca-erupsi, Polres Flotim rutin melaksanakan patroli, baik sendiri maupun bersama Tim Gabungan SARNAS Posko Tanggap Bencana Alam Kabupaten Flotim. Patroli ini dilaksanakan di beberapa titik desa yang terdampak langsung di sekitar lereng Gunung Lewotobi yang masuk dalam zona merah.


 

Meskipun telah ada pengungsian dengan jumlah keseluruhan 6229 jiwa, Kapolsek Wulanggitang mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi himbauan pemerintah dalam situasi tanggap darurat bencana yang telah ditetapkan Pemerintah Daerah Flotim.

"Gunung Lewotobi masih berstatus Awas, sehingga kita selalu waspada sebagai langkah pencegahan dalam menghadapi segala kemungkinan yang akan terjadi terutama di zona merah maupun sekitarnya," ungkap IPTU Nyoman Karwadi.