Polres Flores Timur Menggelar Gelar Pasukan Dalam Rangka Operasi Semana Santa Turangga 2024

Polres Flores Timur Menggelar Gelar Pasukan Dalam Rangka Operasi Semana Santa Turangga 2024
Polres Flores Timur Menggelar Gelar Pasukan Dalam Rangka Operasi Semana Santa Turangga 2024
Polres Flores Timur Menggelar Gelar Pasukan Dalam Rangka Operasi Semana Santa Turangga 2024

tribratanewsflorestimur.com_ Bertempat di lapangan Polres Flores Timur, Jln Herman Fernandez no.76 Larantuka telah berlangsung Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Semana Santa Turangga 2024. Selasa (19/03/2024).

Apel Gelar Pasukan ini dipimpin langsung oleh KAPOLRES Flores Timur AKBP I Nyoman Putra Sandita, SH, SIK, MH, yang dihadiri pula oleh Komandan KODIM 1624 Flores Timur LETKOL Inf. M. Nasir Simanjuntak, Sag, M.I.P, Kepala Kejaksaan Negeri Larantuka Roli Manampiring, SH, MA, Penjabat Bupati Flores Timur yang diwakili oleh Asisten I, Drs. Badaruddin, Ketua Pengadilan Negeri Larantuka yang diwakili oleh Panitera Bernardino Goncalves, SH, serta sejumlah pejabat Pemerintah Daerah Kabupaten, serta wakil dari Pastor Paroki Katedral Reinha Rosari Larantuka, Romo Hendrik.

Gelar Pasukan ini berkekuatan 1 regu dari KODIM 1624, 1 peleton POLAIRUD, 1 peleton SAT SAMAPTA, 1 peleton SAT LANTAS, 1 peleton Staf Gabungan, 1 peleton SATRESKRIM, INTELKAM, NARKOBA & TAHTI, 1 regu Dinas Perhubungan, 1 regu SAPOLPP dan 1 regu BPBD Flotim.

Kapolres Flores Timur sebagai Inspektur Apel dalam sambutannya menyatakan antara lain:

Puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas Rahmat dan Karunia Nya kita diberikan kekuatan sehingga dapat mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Semana Santa Turangga 2024 dalam keadaan sehat walafiat.

Semana Santa yang berasal dari Bahasa Portugis yang berarti Pekan Suci merupakan rangkaian Perayaan Gerejawi yang dilaksanakan setiap tahun mengenangkan penderitaan, wafat dan kebangkitan Kristus, yang untuk tahun ini dirayakan mulai hari Minggu Palma, tanggal 24 Maret 2024 hingga hari Minggu Paskah, tanggal 31 Maret 2024. Kegiatan ini menyebabkan meningkatnya dinamika masyarakat di kota Larantuka yang biasanya diikuti oleh umat dari wilayah Provinsi NTT, bahkan juga dari mancanegara. Oleh karena itu kita sebagai anggota POLRI yang bertanggung jawab terhadap keamanan dalam Negara serta sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, harus mampu memberikan pelayanan dan jaminan keamanan yang sebaik-baiknya terhadap umat yang melaksanakan Ibadah.

Peningkatan Dinamika masyarakat akan berdampak langsung pada situasi keamanan dan ketertiban masyarakat. Berdasarkan perkiraan intelijen, gangguan Kamtibmas yang mungkin terjadi adalah antara lain kecelakaan laut yaitu terbaliknya perahu atau kapal saat prosesi laut akibat kelebihan muatan; adanya kemacetan lalu lintas akibat banyaknya Gereja dan Tempat Ziarah yang berdekatan dengan jalan utama. Kejadian kriminalitas secara konvensional juga dapat menjadi ancaman, seperti pencurian, perkelahian antar kelompok masyarakat, terjadinya penistaan agama atau pencemaran Hostia oleh individu atau sekelompok orang.

Guna mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif dan menjamin umat untuk dapat beribadah dengan aman dan untuk meminimalisir ancaman dan gangguan yang mungkin timbul sebelum, selama dan sesudah perayaan Semana Santa 2024 maka Polres Flotim melaksanakan Operasi Kepolisian dengan bentuk pengamanan yang bersifat Terbuka dengan Sandi Semana Santa Turangga 2024 yang dilaksanakan selama 15 hari, mulai tanggal 20 Maret 2024 sampai dengan tanggal 03 April 2024, dengan sasaran segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan, maupun gangguan nyata.

Semua personil melaksanakan pengamanan dengan humanis dan persuasif, namun tegas dan disiplin, serta terus menerus menghimbau warga masyarakat untuk ikut menata kamtibmas di tempat kedudukannya masing-masing.

Setelah Kapolres menyampaikan sambutannya, Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Semana Santa Turangga 2024 dinyatakan selesai.