Polres Flotim laksanakan Gelar Pasukan Operasi keselamatan Turangga 2024 dan Pencanangan aksi keselamatan jalan.

Polres Flotim laksanakan Gelar Pasukan Operasi keselamatan Turangga 2024 dan Pencanangan aksi keselamatan jalan.
Polres Flotim laksanakan Gelar Pasukan Operasi keselamatan Turangga 2024 dan Pencanangan aksi keselamatan jalan.
Polres Flotim laksanakan Gelar Pasukan Operasi keselamatan Turangga 2024 dan Pencanangan aksi keselamatan jalan.

tribratanewsflorestimur.com_ Keselamatan lalulintas menjadi prioritas utama dalam hal berkendara di jalan raya baik motor maupun kendaraan lainnya sehingga masyarakat perlu diingatkan untuk selalu mentaati segala aturan lalulintas (Lantas) yang berlaku.

Operasi keselamatan Turangga 2024 menjadi salah satu moment untuk memberikan warning (peringatan)  kepada kita semua mengenai pentingnya menjaga keamanan dan keselamatan  berlalu lintas.

Sehubungan dengan hal tersebut , Polres Flotim melaksanakan Gelar pasukan operasi keselamatan Turangga 2024 dan pencanangan aksi keselamatan jalan bertempat  di Lapangan Apel Mapolres Flotim dipimpin oleh Kapolres Flotim AKBP I Nyoman Putra Sandita, S.H.,S.I.K.,M.H. yang dihadiri oleh instansi terkait pada Sabtu (2/3/2024) pagi.

Hadir undangan  antara lain ketua DPRD Flotim, Plt Asisten 2 Pemda Flotim, Dandin 1624 Flotim, Kajari Flotim, Kasatpol PP, Dishub , kepala Bapenda, dan Pasukan Apel dari Peleton Kodim 1624 Flotim , Polres Flotim, Pol PP,  Dishub Flotim dan perwakilan SMAN 1 Larantuka.

Kapolres Flotim lakukan penyematan pita operasi sebagai simbol mulainya operasi kepada perwakilan anggota  yang telah ditunjuk yaitu  dari Kodim 1624, Polres Flotim, Pol PP dan Dinas Perhubungan Flotim.

Dalam sambutannya  Kapolres Flotim yang membacakan amanat Bapak Kapolda NTT mengatakan bahwa keselamatan menjadi prioritas utama dalam berkendara di jalan raya dan pencanangan aksi keselamatan jalan. 

Operasi keselamatan Turangga 2024 ini akan berlangsung selama 2 Minggu yang akan dimulai pada tanggal 4 - 17 Maret 2024 di seluruh Indonesia dengan lebih mengedepankan kegiatan preemtif, preventif serta humanis dalam rangka meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

Perlu diketahui bahwa sasaran operasi keselamatan ini antara lain pengendara tidak menggunakan helm, kendaraan melebihi kapasitas atau over dimensi over load ( odol ), pengemudi di bawah umur, boncengan lebih dari satu orang, dibawah pengaruh alkohol, gunakan Hp saat berkendara, melebihi batas kecepatan , melawan arus lalulintas.

Data Laka Lantas.

Jumlah kecelakaan lalulintas di wilayah hukum Polda NTT meningkat di tahun 2023 dibanding tabun 2022 , berdasarkan data dari  aplikasi IRSMS ( integrated road safety management system ) sebanyak 1.407 kejadian dengan uraian :
• meninggal dunia 382 orang
• Luka berat 623 orang
• Luka ringan 1.479
• Pelanggaran lalulintas 29.038

Operasi ini adalah bagian dari cipta kondisi Kamseltibcar Lantas jelang idul Fitri 1445 H sehingga diharapkan dapat menekan jumlah korban fatalitas Laka lantas dan meminimalisir kemacetan lalu lintas.

Dalam rangkaian apel gelar tersebut di lakukan " pencanangan aksi keselamatan jalan " yang diikrarkan oleh seorang  perwakilan Siswa SMAN 1 Larantuka.

Dalam kesempatan tersebut ditekankan kepada personil operasi agar utamakan keamanan,  keselamatan dengan pedomani SOP ( standar operasional prosedur ), selalu menjalin sinergitas yang baik antar instansi terkait dan lakukan tugas dengan mengedepankan sikap Humanis, pungkas Kapolres Flotim.

LATPRA OPS.

Kemudian pada sekira  pukul 09.30 Wita Kapolres Flotim memimpin jalannya Latihan pra operasi ( Latpraops ) keselamatan Turangga 2024 bertempat di Aula Ikatara Polres Flotim yang diikuti oleh seluruh personil yang terlibat operasi.