Pulihkan Mental Warga Pasca Bencana Alam, Biro Psikologi SSDM Polri Gelar Trauma Healing di Posko SDI dan Posko MAN Waiwerang

Pulihkan Mental Warga Pasca Bencana Alam, Biro Psikologi SSDM Polri Gelar Trauma Healing di Posko SDI dan Posko MAN Waiwerang

tribratanewsflorestimur.com – Polres Flotim Polda NTT,  Dalam rangka memulihkan mental warga masyarakat pasca Bencana alam dan banjir bandang yang terjadi pada tanggal 4 April 2021 lalu. Tim Biro Psikologi SSDM Polri bersama Tiem Psikologi Polda NTT melakukan kegiatan Psychological First Aid dan Trauma Healing di wilayah NTT khususnya di Kabupaten Flores Timur, Selasa 20/4/2021.

 

Psychological First Aid dan Trauma Healing dilaksanakan dengan tujuan utama yaitu pemulihan trauma pasca kejadian bencana terutama kepada ibu dan anak korban terdampak.

 

Kegiatan yang di gelar di Posko SDI Waiwerang dan Posko MAN Waiwerang Kabupaten Flotim ini dipimpin oleh Kombes Pol. Adi Suhariyono, S. Psi, SST, M.K., didampingi Wakapolres Flores Timur Kompol Januarius Seran, S.H. dan Kapolsek Adonara Timur Ipda Agus Heriawan.

 

Dalam kesempatan itu, Tim trauma healing mengajak para ibu dan anak korban Bencana alam yang ada di pengungsian untuk berbincang-bincang, bernyanyi hingga bermain agar mereka dapat melupakan trauma akibat bencana alam tersebut.

"Kegiatan ini kami lakukan guna memberikan sentuhan kepada ibu dan anak yang rentan akibat bencana alam yang terjadi, semoga dengan adanya kegiatan ini dan kehadiran kami disini dapat bermanfaat bagi sesama” ujar Kombes Pol. Adi Suhariyono, S. Psi, SST., M.K.

 

"Hari ini kami kembali memberikan mereka Edukasi dan pendampingan Psikologi agar mereka tetap semangat dan ceria untuk tetap belajar dan bisa menikmati masa kecil mereka seperti anak-anak pada umumnya", Lanjutnya.

 

"Harapan kami agar masyarakat sesegera mungkin dapat menyiapkan diri dalam melakukan hal-hal yang bersifat positif dan menata kembali kehidupannya seperti sebelumnya", harapnya.

Kedatangan tim khusus dari Mabes Polri bersama Tiem Psikologi Polda NTT ini diharapkan dapat menyentuh langsung korban yang terdampak bencana, dengan adanya pelayanan psikologi ini dapat memberikan pemulihan bagi korban. 

 

Tampak para pengungsi merasa lebih bersemangat dengan adanya penghiburan dan pemulihan oleh Tim Trauma healing Polri ini.