Sematkan pita operasi, Kapolres pimpin apel gelar pasukan Ops keselamatan Turangga 2023

Sematkan pita operasi, Kapolres pimpin apel gelar pasukan Ops keselamatan Turangga 2023

tribratanewsflorestimur.com - Dalam rangka meningkatkan kesadaran dan keselamatan berlalu lintas di wilayah hukum Polres Flotim maka telah  di laksanakan Operasi Kepolisian Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi keselamatan Turangga 2023 tingkat Kabupaten Flotim . ( Selasa 7/2/2023 ).

Dalam Apel gelar ini Kapolres Flotim AKBP I GEDE NGURAH JONI M.,SH,SIK,MH memimpin dan  bertindak selaku Inspektur Apel Gelar pasukan Ops keselamatan Turangga 2023 serta Kasat Lantas Iptu Laurentius D. Daton sebagai komandan apel.

Dalam Apel Gelar ini Kapolres Flotim membacakan amanat Kapolda NTT di hadapan para peserta Apel yang terdiri dari unsur TNI , POLRI dan Dinas Terkait lainnya.

Adapun beberapa langkah  sesuai amanat UU no 2 tahun 2009 tentang Lalulintas dan angkutan jalan,  Polri diharapkan antara lain :
1. Mewujudkan Kamseltibcar Lantas ( keamanan keselamatan  ketertiban dan kelancaran berlalu lintas.
2. Meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban Lakalantas.
3. Membangun budaya tertib berlalu lintas.
4. Meningkatkan kualitas Pelayanan publik. 

Selain itu menurut Data jumlah Kecelakaan lalu lintas di wilayah Polda NTT 2 tahun terkahir meningkat 11 % , dimana tahun 2021 sejumlah 1.191 sedangkan tahun 2022 sejumlah 1.321 kasus .

Demikianpun untuk jumlah pelanggaran lalulintas  naik 129 %, ditahun 2021 sejumlah 11.316 sedangkan tahun 2022 sejumlah 25.982 pelanggaran.

Dalam rangka Cipta kondisi Kamseltibcar Lantas jelang Hari raya idul Fitri 1444 H  tahun 2023 maka di seluruh Indonesia dilaksanakan Operasi Kepolisian Keselamatan tahun 2023 selama 14   hari yang dimulai tanggal 7 - 20 Februari 2023. 

" Operasi keselamatan ini mengedepankan kegiatan Preemtif dan Preventif serta Humanis dalam rangka meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Diakhir amanatnya Kapolres Flotim menekankan dalam pelaksanaan OPS keselamatan antara lain adalah " Hindari tindakan kontradiktif yang dapat merusak citra Polri serta menimbulkan komplain dari masyarakat ".

Akhirnya dengan memanjatkan Fuji syukur kehadirat tuhan yang maha esa Saya ucapkan " selamat melaksanakan tugas operasi kepolisian dengan sandi Operasi keselamatan Turangga 2023 " tutup Kapolres Flotim .