Cegah Karhutla, Satgas Operasi Bina Karuna Pasang Baliho Himbauan Kapolda NTT

Cegah Karhutla, Satgas Operasi Bina Karuna Pasang Baliho Himbauan Kapolda NTT

tribratanewsflorestimur.com_ Dalam rangka mencegah kebakaran hutan dan lahan di wilayah NTT khususnya di Kab. Flores Timur, maka Satgas Operasi Bina Karuna Turangga 2023 Polres Flotim lakukan pemasangan Baliho Himbauan Kapolda NTT IRJEN POL Drs. JOHNI ASADOMA, M.Hum.

Pemasangan Baliho ini adalah salah satu upaya pencegahan oleh Polri dalam turut menjaga kelestarian alam, hutan  dan bumi sebagai salah satu sumber  kehidupan manusia yang harus dijaga dan dilestarikan, yang saat ini telah memasuki musim panas dan kemarau. 

Adapun himbauan Kapolda NTT tersebut ialah :
1. Apabila melihat kebakaran segera laporkan ke kantor polisi terdekat atau hubungi call center 110.
2. Hindari paraktek membuka lahan dengan cara membakar Hutan & Lahan.
3. Dilarang melakukan pembakaran hutan dan lahan.
4. Tidak membuang putung rokok di Sembarang tempat.
5. Upayakan tersedia cadangan air bersih di setiap rumah masyarakat 

Kegiatan operasi kali ini dilaksanakan di desa Nobo Kec. Ile bura Kab. Flotim, kamis (7/9/2023)  yang letaknya berada di bawah kaki gunung Lewotobi yang kadang terjadi kebakaran lahan dan hutan. 

Selain pemasangan Baliho peringatan bahaya kebakaran juga dilaksanakan kegiatan imbauan  yang dipimpin Kasat Binmas sebagai Kasatgas Binluh ( pembinaan dan penyuluhan ) IPTU Atam Iksanmudin dan Anggota Satgas lainnya.

Dalam kesempatan ini Satgas Polres Flotim berkoordinasi dengan kepala desa Nobo an. Petrus Kiku Witin guna menyampaikan maksud tujuan operasi Bina Karuna ini.

" Tujuan operasi kepolisian dalam bidang Karhutla ini adalah untuk mengingatkan warga  pemilik  lahan dan sebagai warning agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan, terang Kasatgas .

Kepala Desa Nobo merespon dan mendukung kegiatan operasi ini dan akan tetap mengingatkan dan menghimbau kepada warganya untuk mencegah terjadinya  kebakaran hutan dan lahan.

Kasatgas Binluh mengharapkan agar kerja sama semua elemen masyarakat untuk menjaga lingkungan sekitar sehingga situasi wilayah kab Flotim tetap kondusif, imbuhnya .