Ciptakan Keamanan, Personil Polres Flotim Rutin Pam Gereja Menyongsong Perayaan Semana Santa di Gereja Katedral Reinha Rosari Larantuka

Ciptakan Keamanan, Personil Polres Flotim Rutin Pam Gereja Menyongsong Perayaan Semana Santa di Gereja Katedral Reinha Rosari Larantuka

tribratanewsflorestimur.com - Personil Polres Flotim telah memulai kegiatan pengamanan misa di Gereja Katedral Reinha Rosari Larantuka. Selasa (26/03/2024).

Misa harian yang dipersembahkan sehari sebelum Hari Rabu Trewa, dipimpin oleh RD Hendrik Leni dimulai pada pukul 05.20 dihadiri oleh biarawan- biarawati dan umat sekitar 50 orang, termasuk para peziarah Semana Santa dari luar daerah. Diawali dengan Ritus Pembuka, Liturgi Sabda, Liturgi Ekaristi, kemudian diakhiri dengan Ritus Penutup.

Pengamanan gereja ini rutin di lakukan oleh anggota kepolisan agar umat Nasrani dapat melaksanakan ibadahnya dengan hikmat karena adanya pengamanan yang dilakukan oleh anggota Kepolisian.

Pengamanan misa dilakukan secara terbuka dan tertutup oleh anggota Polres Flotim berdasarkan SPRIN OPS Semana Santa nomor 237/III/OPS.1.3/2024 tanggal 15 Maret 2024. Misa berakhir pada pukul 06.30 wita. Selama kegiatan berlangsung situasi Kamtibmas terpantau aman dan lancar.

Selain melaksanakan pengamanan, personel juga berkoordinasi dengan pihak pengelola Gereja terkait jadwal pelaksanaan kegiatan Ibadah serta jumlah Jemaat yang akan mengikuti kegiatan tersebut. 

Kapolres Flotim AKBP I Nyoman Putra Sandita, S.H., S.I.K., M.H., melalui Kasi Humas IPTU Anwar Sanusi mengatakan, pengamanan yang dilaksanakan di Gereja-gereja di Wilayah Hukum Polres Flotim, bertujuan untuk menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif. “Pengamanan yang kami laksanakan juga bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat khususnya umat Kristiani yang akan melaksanakan Ibadah Gereja Dalam Rangka Menjelang Hari Raya Pekan Suci Semana Santa 2024.” ujarnya.