Dalam rangka Pilkada Serentak, Kapolres Flotim Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Mantap Praja 2018

Dalam rangka Pilkada Serentak, Kapolres Flotim Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Mantap Praja 2018

Tribratanewsflorestimur.com – Polres Flotim, rabu ( 14/02/2018 ) Kapolres Flotim AKBP Arri Vaviriyantho, S.IK, M.Si  pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi  Mantap Praja Tahun 2018 yang mengusung tema” Polri yang Promoter Siap Amankan Pilkada Serentak Tahun 2018″.

Kegiatan apel diawali dengan pemeriksaan pasukan oleh Inspektur Apel kemudian dilanjutkan dengan penyematan pita kepada 4 ( empat ) anggota perwakilan dari Polres Flotim, TNI-AD Kodim 1624 Flotim, Dinas Perhubungan Kab. Flotim dan Sat Pol PP Kab. Flotim sebagai perwakilan dari Operasi Mantap Praja 2018.

1

Dalam  amanatnya Kapolres Flotim menyampaikan bahwa pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Tahun 2018 ini sebagai bentuk kesiapan kita dalam rangka Pengamanan Pemilihan Gubernur  dan Wakil Gubernur NTT  tahun  2018. Dan pada kesempatan ini juga ada beberapa pesan dari Kapolda NTT untuk dipedomani dan dilaksanakan, antara lain :

  1. Siapkan mental dan fisik dengan dilandasi komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat sehingga dapat menampilkan jati diri Polri sebagai sosok penolong, sahabat, pelayan masyarakat serta penegak hukum yang jujur dan benar, adil, transparan dan akuntabel.
  2. Petakan setiap kerawanan pada setiap tahapan pemilu, serta lakukan deteksi dini dengan mengoptimalkan fungsi intelijen didukung Bhabinkamtibmas untuk mengetahui dinamika dan fenomena yang berkembang di masyarakat sehingga setiap permasalahan yang berpotensi mengganggu jalannnya pemilu dapat diantisipasi sedini mungkin dan tidak menimbulkan dampak yang lebih luas.
  3. Implementasikan Asta Siap secara maksimal dimasing – masing kesatuan sehingga pengamanan pemilukada 2018 dapat benar – benar kita laksanakan secara optimal.
  4. Perkokoh kerjasama yang harmonis dengan seluruh penyelenggara pemilu, unsur TNI, dan segenap komponen masyarakat guna mewujudkan sinergi Polisional yang proaktif dalam rangka pengamanan Pemilukada 2018.
  5. Bagi segenap anggota Polri, jaga komitmen dan netralitas serta tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis dalam penyelenggaraan Pemilukada 2018 yang dapat menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri.
  6. Tingkatkan kewaspadaan terhadap potensi ancaman terorisme yang memanfaatkan momen pemilukada 2018 khususnya wilayah yang memiliki kerawanan serta berpotensi dijadikan target oleh pelaku.
  7. Lakukan penegakan hukum terhadap pelanggaran tindak pidana pemilu secara terpadu melalui Sentra Gakkumdu.
  8. Berikan arahan dan petunjuk yang jelas kepada anggota sebelum bertugas, serta pedomani aturan dan SOP yang berlaku untuk menghindari keraguan dan kesalahan prosedur dalam setiap pelaksanaan tugas.
  9. Siapkan rencana pengamanan kontijensi serta latihkan kepada seluruh personil sehingga mampu menghadapi eskalasi ancaman yang mengarah pada situasi kontijensi.
  10. Lakukan pengawasan dan pengendalian secara melekat terhadap pelaksanaan operasi dan kinerja anggota untuk meminimalisasi terjadinya penyimpangan dalam pelaksanaan tugas dilapangan.

Hadir  dalam kegiatan tersebut Ketua DPRD Kab. Flotim Yoseph Sani Betan, ST , Dandim 1624 Flotim Letkol Inf. Komang Agus, M.P., S.Sos, Wakapolres Flotim Kompol Gede Putra Yase, SH, para Kabag, Kasat dan Kapolsek jajaran Polres Flotim, para Pimpinan Parpol Kab. Flotim, anggota FKUB Kab. Flotim, para Lurah se-Kecamatan Larantuka dan tokoh masyarakat Kota Larantuka.

1

Apel Gelar Pasukan Mantap Praja 2018, dengan jumlah sekitar 150 personil  sebagai peserta upacara yang terdiri dari beberapa unsur, diantaranya 1 peleton Perwira Kodim 1624 Flotim dan Perwira Polres Flotim, 1 pleton Personil Kodim 1624 Flotim, 1 pleton Dalmas Polres Flotim, 1 pleton  Sat lantas Polres Flotim, 1 pleton Gabungan Staf  Polres Flotim, 1 pleton Gabungan Resintel Polres Flotim, 1 pleton Dishub Kab. Flotim dan 1 pleton Satpol PP Kab. Flotim.