Kapolres Flotim Bacakan Amanat Kapolri Saat Apel Gelar Pasukan Dalam rangka Operasi Lilin Turangga - 2017

Kapolres Flotim Bacakan Amanat Kapolri Saat Apel Gelar Pasukan Dalam rangka Operasi Lilin Turangga  - 2017
  1. tribratanewsflorestimur.com – Polres Flotim, kamis (21/12/2017) pukul 08.00 wib bertempat di Lapangan Upacara Polres FloresTimur dilaksanakan Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Lilin Turangga 2017 dengan tema ” Melalui Apel Gelar Pasukan Ops Lilin-2017, Kita tingkatkan sinergi Polri dengan Instansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 “.

IMG_0323 Kapolres Flotim AKBP Arri Vaviriyantho, S.IK, M.Si selaku Pimpinan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Turangga 2017 membacakan Amanat Kapolri. Dalam amanatnya Kapolri menyampaikan bahwa pelaksanaan apel ini sebagai pengecekan akhir terhadap kesiapan seluruh personil pengamanan berikut kelengkapan sarana dan prasarana pendukungnya, serta keterpaduan unsur lintas sektoral dalam pengamanan guna mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif. Masih ada beberapa ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan yang perlu diantisipasi yaitu masih adanya potensi serangan teror, kemacetan lalu lintas, bencana alam, ketersediaan dan stabilitas harga kebutuhan pokok serta potensi konflik dalam kehidupan masyarakat terkait perayaan Natal.

Selain itu melalui Apel Gelar Pasukan, Kapolri dalam amanatnya yang dibacakan Kapolres Flotim menekankan beberapa hal yang disampaikan untuk dipedomani dan dilaksanakan, yaitu :

  1. Petakan seluruh potensi kerawanan di masing – masing wilayah, dan tentukan cara bertindak yang tepat melalui penyusunan rencana operasi yang matang.
  2. Tingkatkan kewaspadaan dalam mencegah aksi teror dan kejahatan konvensional yang meresahkan di pusat keramaian, tempat ibadah dan tempat – tempat lainnya.
  3. Lakukan pendekatan dengan elemen masyarakat guna mencegah terjadinya aksi sweeping oleh Ormas, bila tetap terjadi lakukan tindakan tegas yang profesional.
  4. Optimalkan penggelaran anggota di tengah masyarakat, lakukan terobosan kreatif melalui rekayasa lalu lintas guna mengurai dan mengurangi kemacetan dan kecelakaan lalu lintas.
  5. Maksimalkan peran Satgas Pangan di masing – masing daerah, guna mewujudkan stabilitas harga pangan dengan menggandeng instansi terkait.
  6. Perkuat sinergisitas polisional dengan seluruh stakeholders, untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

IMG_0332 Hadir dalam giat ini Asisten III yang mewakili Bupati Flotim, Dandim 1624/ Flotim, Ketua Pengadilan Negeri Larantuka, Kepala SKPD Kab. Flotim, Kasat Pol PP, Kepala Cabang Jasaraharja Flotim, Pendeta GMIT Ebenhaezer Larantuka, Para Kabag, Kasat dan Kapolsek Jajaran Polres Flotim.

Adapun Peserta Gelar Pasukan terdiri dari 1 Pleton Kelompok Perwira Polres dan Kodim 1624/ Flotim, 1 Pleton Kodim,  Sat Sabhara, Sat Lantas, Staf  Gabungan Polres Flotim,  Sat Pol PP, dan Staf Dishub Kab. Flotim.

Bahwa Ops Lilin Turangga 2017 dimulai pada tanggal 23 Desember 2017 s/d 1 Januari 2018 yang ditandai dengan pemasangan Pita Operasi kepada masing – masing Perwakilan oleh Pimpinan Apel. Personil operasi melibatkan 308 personil terdiri dari Polri, TNI, Instansi terkait serta komponen masyarakat lainnya, dan sasaran operasi yang dijadikan tempat pengamanan antara lain tempat – tempat ibadah ( gereja ), fasilitas transportasi yang digunakan seperti pelabuhan laut / bandara sebagai perlintasan arus mudik dan arus balik, pusat perbelanjaan dan obyek wisata dan juga didirikan Pos Pelayanan, Pos Pengamanan dan Pos Terpadu.