Problem Solving, Bhabinkamtibmas : Ini Bentuk Kepedulian Kepada Warga

Problem Solving, Bhabinkamtibmas : Ini Bentuk Kepedulian Kepada Warga

tribratanewsflorestimur.com - Bhabinkamtibmas merupakan Personil Kepolisian yang paling dekat dengan masyarakat. Merekalah yang menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas, menyampaikan program Kepolisian, menyelesaikan masalah warga binaannya (Problem Solving) dan kegiatan lainnya yang berbaur dengan masyarakat. Sabtu 19/11/2022

 

Seperti yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Desa Pajinian Kec. Adonara Barat Aipda Syamsul Rizal bersama Bhabinkamtibmas Desa HokoHorowura Kec. Adonara Tengah Bripka Abidin Sudin melakukan Problem Solving warganya atas Pengeroyokan yang terjadi pada hari Senin tanggal 14 November 2022 di Dusun I Desa Waiwadan Kec. Adonara Barat.

 

Dalam menyelesaikan masalah tersebut, para Bhabinkamtibmas memanggil kedua belah pihak dan para orang tua ke Kantor Polsek Adonara Barat untuk diselesaikan secara kekeluargaan. Dengan hasil kedua belah pihak sepakat berdamai dan saling memaafkan dengan membuat surat pernyataan agar kedua belah pihak tidak mengulangi perbuatanya.

Di sela sela itu, Bhabinkamtibmas memberikan nasehat dan himbaun kamtibmas tentang pentingnya hidup rukun dan damai serta toleransi, tanpa adanya permusuhan serta mengajak kedua belah pihak untuk menjaga keamanan dan ketertiban di desanya masing - masing.

 

Kapolres Flotim AKBP I Gede Ngurah Joni M, S.H.,S.I.K.,M.H. melalui Kasi Humas IPDA Anwar Sanusi menjelaskan bahwa sebagai anggota Bhabinkantibmas, selain tugas sambang rutin juga dituntut juga memiliki kemampuan untuk deteksi dini ganguan kamtibmas wilayahnya.

 

Disamping itu juga harus memiliki kemampuan menyelesaikan permasalahan yang ada di wilayah binaannya. “ harapannya dengan adanya problem solving ini, permasalahan yang di alami oleh setiap warga binaannya dapat di selesaikan dengan musyawarah sehingga tidak sampai ke tahap lebih lanjut, tentunya hasil kesepakatan itu dapat diterima oleh kedua belah pihak.” Ungkapnya

(HMS/N4R24)