Pantau Muatan dan Kelengkapan Keselamatan Kapal, Kapolres : Keselamatan Itu Yang Utama

Pantau Muatan dan Kelengkapan Keselamatan Kapal, Kapolres : Keselamatan Itu Yang Utama

tribratanewsflorestimur.com - Untuk memastikan keselamatan penumpang beserta muatannya, Kapolres Flores Timur AKBP I Gede Ngurah Joni M, S.H.,S.I.K.,M.H. lakukan pemantauan langsung aktifitas kapal Fery dipelabuhan Waibalun, Senin 9/5/ 2022.

 

Pemeriksaan kelengkapan pada salah satu kapal Ferry KMP Ranaka tujuan Larantuka - Kupang di dermaga pelabuhan penyeberangan oleh Kapolres Flotim didampingi Waka Polres Flotim KOMPOL Januarius Seran, S.H, Kabag Ops AKP I Made Muter, Kasat Sabhara IPTU Frit Y. Letik, Kasat Intel IPDA Yovin Sidin, Kapospol KP3 Aipda Eldorado dan Manager ASDP serta sejumlah anggota lainya.

 

Dalam kesempatan tersebut Kapolres Flores Timur AKBP I Gede Ngurah Joni M, S.H.,S.I.K.,M.H. bertemu Kapten KMP Ranaka bapak Stefanus besi dan membahas soal keamanan dan keselamatan pelayaran serta pencegahan pelanggaran dalam berlayar.

Kapolres Flotim menambahkan, Ini merupakan salah satu bentuk pelayanan kami kepada masyarakat yaitu mencegah agar tidak terjadi, misalnya laka laut, salah satunya dengan cara mengecek kelengkapan, terutama safety yang ada di kapal penumpang seperti kapal Feri yang ada sekarang ini.

 

Untuk saat ini kita hanya lakukan pendataan terlebih dahulu, berapa banyak daya tampungnya sehingga tidak melebihi kapasitasnya, kemudian kendaraan roda empat maupun roda dua bagaimana pengaturannya, kemudian jumlah Sekocinya serta alat keselamatan lainya termasuk pemadam kebakaran ini harus memadai. Lanjutnya

Seandainya terjadi emergency langkah apa yang harus dilakukan oleh para petugas, nanti ke depannya kita akan lakukan pengecekan secara terus-menerus dan secara acak dan juga soal penumpanggnya berapa jumlahnya apakah betul sesuai dengan peranannya sehingga kita bisa mencegah jangan sampai musibah itu terjadi. Perlu diingat bahwa keselamatan itu yang utama. Tutup Kapolres Flotim

(HMS/N4R24)