"Menjadi Polisi Dan Keamanan Bagi Diri Sendiri Dan Keluarga", Ini Pesan Kamtibmas Kapolres Flotim Kepada Umat Katolik Saat Perayaan Ekaristi

tribratanewsflorestimur.com_ Hal ini disampaikan oleh Kepala Kepolisian Resort Flores Timur (Kapolres Flotim) AKBP I Nyoman Putra Sandita, SH, SIK, MH, pada acara penutupan Perayaan Ekaristi Hari Minggu di Gereja Katedral Reinha Rosari Larantuka pukul 06.00 wita. Minggu (17/03/2024).

Kapolres menyampaikan setidaknya tiga hal yang penting diperhatikan oleh umat yang mengikuti Prosesi Suci Semana Santa. Pertama menjaga dan mengamankan diri sendiri dan keluarga, menjadi polisi/keamanan bagi diri sendiri dan keluarga. Dalam hal tertentu dapat berkomunikasi dengan petugas keamanan, sedemikian sehingga nilai ibadah Prosesi Suci ini berlangsung hikmat, kusuk dan lancar.

Hal yang kedua adalah memperhatikan situasi di sekeliling. Mana tahu ada pihak yang memancing situasi, maka hendaknya dilaporkan kepada petugas keamanan terdekat, dan jangan main hakim sendiri. Perhatikan juga ada umat yang tidak kuat, kelelahan atau pingsan. Dalam hal ini supaya segera melaporkan kepada petugas medis yang terdekat.

Hal ketiga yang ditekankan oleh Kapolres adalah soal Prosesi Laut, mengingat arus laut di Selat Larantuka ini amat deras. Maka penting untuk diperhatikan umat adalah masalah kapasitas kapal yang secara teknis diarahkan oleh nakhoda kapal. Umat hendaknya mematuhi petunjuk teknis atau aturan yang diarahkan oleh Nakhoda kapal mengenai jumlah penumpang yang dapat diangkut, jangan berdesak-desakan di dalam kapal yang punya kapasitas terbatas.

Pada akhirnya Kapolres menyampaikan bahwa Polres Flores Timur dan segenap jajarannya siap untuk mengamankan Prosesi Suci Semana Santa. Ruang diskusi masih tetap terbuka untuk hal-hal penting lainnya dalam hubungan dengan perayaan Prosesi Suci ini.